Dragon
Ball Z berantem di Indonesia...yang pernah daku susun adalah contoh
hasil dari penggunaan Stage Tool ini.....Coba dilihat deh
backgroundnya....didepan halte busway!!! Bagaimana bisa Kaskuman
berantem lawan Frieza di halte busway?????
Ini daku ceritain cara ngebuat backgroundnya yg sebenernya guampang banget........pake Stage Tool
Gambar untuk contoh kasus....silahkan kopi klo mo "nyontoh ngasus"..:D |
- Tentukan background gambarnya, formatnya bisa JPG, BMP, PNG, PCX dll....Gambar bisa true color alias lebih dari 256 bit...jadi bisa gambar foto....Nah kalian bisa save image halte busway diatas buat contoh kasus...ukuran gambar klo ga salah 1000x550pixel....ini soalnya disesuaikan ama ukuran video dari Dragon Ball Z ke Indonesia yang pake setting windowed dengan ukuran 640x480...Jadi ukuran gambar harap disesuaikan dengan ukuran settingan video dari mugen....
- Buka Stage_Tool.exe ....
- Setelah stage_tool running maka isi pilihan-pilihan yang ada
Name of the input image : klik select dan cari gambar yang akan dijadikan background
Name of the output files (def and SFF)
: isi nama output hasilnya, ...nantinya ada 2 file hasil yang
ekstensinya DEF sama SFF dan 2 file penting ini akan di kopi ke folder
stage di mugen. Nama file tidak boleh ada spasi atau karakter-karakter
aneh....
Name of the Stage : nama ini akan muncul di tampilan mugen sebagai judul stage
Name of the author : diisi sebagai "tanda tangan" karya kalian..:D
Mugen's native width (in pixels)
: nah ini adalah lebar dari tampilan game...klo di "Dragon Ball Z
berantrm di Indonesia.." settingan tampilan game adalah 640x480 bisa
dicek lewat mugen.cfg di folder data....jadi widthnya diisi 640
Mugen's native height : ini klo sesuai "Dragon Ball Z berantem di Indonesia.." yang settingannya 640x480...jadi diisi 480
Choose mugen version : klo jaman sekarang kebanyakan dah pake Winmugen....
Name of the Music : isi file musik buat backgroundnya....jangan lupa tulis ekstensinya dan juga harus 1 folder
Shadow,reflection, both , none?
: ini settingan apakah dalam background itu ada bayangan karakternya
ato pake pantulan (kaya bayangan di atas air) ato dua2nya ato ga pake
silahkan kalian pilih.....
Klik Next.........
Contoh pengisian :
- Nah setelah itu akan muncul tampilan untuk mengeset posisi karakter dan "ground" dari stage, gambarnya :
Terus drag gambar si "RYU" sebagai tempat awal karakter , sebagai contoh :
Setelah sesuai dengan keinginan klik Next step
- Setelah itu akan muncul tampilan untuk mengeset dasar stage gambar dari stage yang ditampilkan di mugen gambarnya :
Drag garis merah sampai pada dasar sesuai dengan keinginan kemudian klik next.......
- Nah kemudian akan tampil preview hasil settingan sebagaimana nantinya ketika sudah dimasukkan ke MUGEN.....Lihat gambar dibawah ini :
Nah kalo sudah sreg & mantepsss pencet Next Step....tapi kalo ga mantep klik Previous Step ..dan bisa disetting ulang lagi
- Kemudian akan muncul window dialog yang menunjukkan 3 buah metode pembuatan background atau stage....nah disini biasanya daku memilih "RGB method"...karena gambar yang daku pilih adalah gambar true color dimana kedalaman warnanya lebih dari 256 bit seperti contoh kasus ini. Nah kalo gambar background /stage yang anda pilih 256 bit ke bawah maka pilih "Image Splitter"....nah kalo yang "Jigsaw Method"...daku ga paham...:garuk-garuk....bagi-bagi info yah kalo ada yang tahu ....boleh yang master ato bukan master....silahkan semuanya. kasih masukkan dan info..:D
Setelah itu dari folder yang sama dari stage_tool.exe ini temukan file DEF dan SFF dengan nama sesuai yang telah anda tentukan dilangkah awal....kalo dikasus contoh adalah Halte_busway.def dan Halte_busway.sff. Inilah 2 file yang merupakan hasil stage tool dan siap dimasukkan ke game MUGEN kita...
pass : weningsetiawan.blogspot.com
sumber : http://mugen-z.blogspot.com/2012/02/tutorial-game-cara-buat-stagebackground.html